adbrite

Your Ad Here

kumpulblogger.com/signup

http://Kumpulblogger.com/signup.php?refid=56828

submitedyourweb

Tuesday, January 20, 2009

URBAN TOY'S


Urban Toys untuk pertama kalinya diperkenalkan oleh orang-orang Jepang dan Hongkong, dan mulai berkembang pada tahun 90an-akhir ke kawasan lainnya (Eropa, US), banyak desainer desainer dari barat juga akhirnya terlibat dalam keasikan membuat mainan ini, karena mungkin fleksibilitas dan adaptasi dari benda ini yang sangat luar biasa, sehingga sewaktu waktu benda ini bisa berubah menjadi apapun, dan dan dapat di silangkan, atau dikawinkan dengan tokoh tokoh yang sudah ada, dan popular (Superhero, Corak Bendera Negara, atau malah art sekalipun).
Beberapa nama yang telah mendunia seperti Bearbrick, Qee dari Toy2are, Palyimaginative, Kaws dari original fake, Kid robot sampai Desainer James Jarvis, Garry Baseman dan seniman sablon terkenal seperti Frank Kozik pun ikut terlibat didalam dunia mainan yang diperuntukan untuk orang dewasa ini, saat ini beberapa perusahaan besar seperti NIKE, ODM, atau Motorolla, Sonny Ericsson telah mempergunakan mainan ini untuk alat brandingnya. Karena mainan adalah sebuah benda yang sangat akrab dengan kehidupan manusia.
Urban toys biasanya dibuat dari plastik, dibuat secara terbatas dari mulai 500 sampai 2000 pcs per designnya, tetapi pada awalnya untuk model prototype awal dan limited series dibuat dari resin. Ada juga yang terbuat dari kayu karet dll, Sebagian orang mengungkapkan bahwa urban toys merupakan sebuah penganti kanvas bagi seorang seniman untuk mengekspresikan feeling seninya ke dalam sebuah karya.
Biasanya urban vinyl toys dibuat dalam 3 versi, yag pertama adalah versi asli original yang dikeluarkan oleh team desainernya, lalu ada yang memakai desainer tamu untuk mendesain mainannya, dan versi DIY Series, Blank atau Plain, hal ini dimaksudkan untuk memberikan bagi siapapun sebenarnya dapat mendesain mainan ini menurut versinya sendiri, karena didesain oleh desainer tamu biasanya mainan tersebut malah bertambah nilainya atau harganya, dengan tema yang berubah juga.
Bearbrick buatan MEDICOM Jepang merupakan sebuah contoh yang cukup sukses memasarkan karya karyanya, sekarang Bearbrick tidak hanya dijual di toko mainan biasa, tetapi sampai toko interiorpun menjual mainan ini, dan mereka mencantumkan keterangan tulisan “For Adult” 15+, pada packagingnya
Selain menjadi sebuah media seni baru, dan komoditas baru, tetap Urban toys berada pada daerah Seni atau Art, karena ketidakjelasan karakter yang dibentuk pada sebuah urban toys kadang tidak jelas dia bukan seekor binatang, bukan pula manusia, dan sehingga bisa dikatakan bahwa ini adalah sebuah X, X dimaksud adalah tidak jelas dan secara visual sudah sangat blur, sehingga orang bertanya apa ini, atau binatang apa mahluk hidup lain.atau malah ini apa sih, sehingga kadang dirasa sangat sangat mengganggu karena ketidak jelasannya
Dan secara teori jelas mainan atau toys merupakan sebuah patung atau artefak (ciri khas secara 3D) tahun 2000an, ini jelas terasa kalau kita bandingkan dengan patung patung yang menjadi artefak sebuah tanda jaman.

No comments:

Post a Comment

kumpulblogger.com